Sambutan Dekan

Sambutan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Terbitnya kebijakan tentang transformasi Pendidikan Tinggi Indonesia melalui harmonisasi Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada pertengahan tahun 2020 sangat monumental dimana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (FKIP UNRI) sedang merampungkan Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) FKIP UNRI 2020-2024 yang mengacu pada Roadmap DNA Transformasi FKIP UNRI 2019-2023.

Visi jangka Panjang (expanded vision) FKIP UNRI adalah “Menjadi Fakultas Riset yang Unggul dan Bermartabat dalam Bidang Keguruan dan Pendidikan di Asia Tenggara Tahun 2035”. Untuk memperkuat landasan pencapaian visi jangka Panjang tersebut, maka Visi Inti (core vision) Kepemimpinan FKIP UNRI periode 2019-2023 adalah melakukan transformasi institusi melalui Kepemipinan Transformatif.

 Proses transformasi FKIP akan ditumpu pada lima kekuatan penggerak perubahan strategis (Strategic Change Drivers), yaitu Penajaman Visi, Peningkatan Keterampilan, Insentif, Sumber Daya, dan Rencana Aksi yang berorientasi kepada peningkatan Akses dan Kesetaraan, Mutu dan relevansi melalui Program dan Kegiatan yang bersifat Kreatif, Inovatif, Disruptif, dan adaptif terhadap tuntutan dinamika perubahan lingkungan strategis.

Dokumen Renstra FKIP 2020-2024 yang terdiri dari lima bab. Bab I Pendahuluan memberikan gambaran kondisi umum, Capaian Program dan Kegiatan sampai tahun 2019, Ekspektasi Masyarakat Terhadap FKIP, Analisis Lingkungan Strategis, dan diakhir dengan formulasi strategis pengembangan FKIP ke depan. Bab II memuat tentang Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Tata Nilai. Bab III menegaskan tentang Arah, Kebijakan, Strategi, Kerangka Regulasi dan kelembagaan. Rincian Target Kinerja dan Kerangka Pendanaan diuraikan pada Bab IV, dan Bab V Penutup.

Aktualisasi program dan kegiatan yang tertuang dalam Renstra 2020-2024 ini akan dilakukan melalui penyelarasan seluruh komponen sistem Pendidikan dan Pembelajaran yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi Tahun 2020 (SNPT), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Kurikulum Pendidikan Tinggi 4.0, dan Penjaminan Mutu serta Akreditasi Tingkat Regional dan Internasional. Penguatan kepemimpinan akademik di tingkat Jurusan dan Program Studi akan terus diperkuat agar mampu mengantisipasi dan menyelaraskan agenda perubahan sehingga kompatibel dengan tuntutan Keterampilan Abad 21, Revolusi Indutri 4.0, Outcome-based Education, Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, IKU UNRI 2020-2024, dan IKU Kemdikbud R.I. 2020-2024.

Renstra merupakan akuntabilitas pemimpin puncak yang menyajikan informasi tentang kemana organisasi akan dibawa. Renstra ini telah memberikan arah melangkah bagi semua sivitas akademika FKIP UNRI dalam bentangan jalan (Roadmap) empat tahun ke depan. Kalau kita tidak ‘berangkat”, maka kita tidak akan pernah sampai ke tempat tujuan. Perjalanan seribu mil dimulai dari Langkah pertama, dan itu harus dilakukan satu Langkah demi satu Langkah. Bagaimana cara memulainya? Atau dari mana memulainya?

Masalah pokoknya justru bukan bagaimana cara melaksanakan renstra ini, melainkan bagaimana caranya untuk mulai mengimplementasikannya.  Pertama tentu saja harus dimulai dari kesiapan strategis semua internal stakeholders FKIP UNRI, mulai dari Pimpinan Puncak, Jurusan, Program Studi sebagai ujung tombak transformasi akademik.