News

FKIP Siap Laksanakan Re-Akreditasi

IMG_5671
fkip.unri.ac.id, Universitas Riau
– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau akan didatangi oleh BAN-PT pada Jum’at-Minggu, 29 April-01 Mei 2016. Kedatangan tim akreditasi nasional ini bertujuan untuk melakukan akreditasi ulang pada tiga program studi dan satu program magister di FKIP, yaitu Prodi PG-SD, Prodi PG-PAUD, Prodi Pendidikan Luar Sekolah dan Program Magister Pendidikan Ekonomi. Sebelumnya, tiga program studi ini telah diakreditasi pada tahun 2012. Namun, akreditasinya masih bernilai C sehingga pihak dekanat FKIP mengusulkan re-akreditasi ke pihak BAN-PT.

“ Di tahun 2012 lalu, seluruh prodi yang ada di FKIP sudah diakreditasi. Dari enam belas prodi yang ada, tiga belas prodi mendapatkan akreditasi B dan tiga prodi lagi mendapatkan akreditasi C. Prodi dengan akreditasi C inilah yang kita minta untuk di re-akreditasi”, papar Zulirfan, S.Si, M.Si selaku Wakil Dekan I FKIP Universitas Riau.

Dalam melakukan penilaian ke tiga prodi dan satu program magister ini, pihak BAN-PT menghadirkan Prof.Dr.Zulela, M.S, M.Pd dari UNS dan Dr.Muhammad Saerozi dari IAIN Salatiga selaku tim penilai. Akreditasi akan dilakukan dengan melakukan penilaian pada berbagai aspek, diantaranya komitmen institusi untuk memajukan prodinya, kinerja dosen, kurikulum, proses perkuliahan, kegiatan mahasiswa dan pengelolaan keuangan.

Zulirfan juga menuturkan bahwa adanya usulan re-akreditasi ini untuk memperbaiki kualitas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

“ Prodi yang akreditasinya masih C segera kita minta dire-akreditasi agar mahasiswa pun tidak kesulitan setelah lulus nanti. Sebab, akreditasi sangat berpengaruh untuk lamaran kerja atau pun untuk mengikuti kegiatan SM-3T”, ujar Zulirfan.

Kegiatan akreditasi biasanya dilakukan sekali dalam lima tahun. Untuk kegiatan ini, bukan hanya dosen pihak dekanat saja yang dinilai, tetapi kegiatan mahasiswa juga termasuk di dalamnya. Oleh sebab itu, pihak dekanat berharap bahwa mahasiswa dapat bersinergi untuk meningkatkan mutu FKIP dengan terus melakukan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang positif. (Novi)